Menu

Well, sebenarnya tutorial ini sangat sederhana dan mudah tapi perlu saya tuliskan disini agar teman-teman yang mulai belajar administrasi server tidak kebingungan untuk melanjutkan ke tutorial-tutorial selanjutnya. Sebenarnya apa itu SSH?

SSH atau Secure Shell adalah protokol untuk mengakses server Linux via tunnel (remote server). Sehingga komputer kita dapat terhubung dan berkomunikasi dengan server / VPS kita.

Disini saya menggunakan PuTTy untuk melakukan koneksi SSH ke VPS saya. Untuk mendownload PuTTy dapat melalui website resminya disini. Jika sudah, anda dapat menginstall dan menjalankan software PuTTy.

Tampilan Awal PuTTy

Masukkan IP atau hostname serta port dari server / VPS anda.

Konfigurasi PuTTy

Secara default, SSH menggunakan port 22. Jika sudah, selanjutnya tekan tombol Open.

Apabila muncul alert, tekan Yes untuk melanjutkan.

Login PuTTy

Setelah itu lanjutkan dengan memasukkan username dan password server anda. Sampai step ini, teman-teman sudah berhasil mengakses server / VPS melalui SSH dengan menggunakan PuTTy.

Catatan

Pada tutorial ini saya menggunakan OS Linux CentOS versi 7.3.1611 x64 dengan menggunakan VPS dari Digital Ocean. Pada beberapa provider lain seperti Amazon Web Service akan menggunakan cara yang sedikit berbeda dengan tutorial ini. Sekian untuk tutorialnya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *