Menu

Ya… Podcast. Apakah masih asing dengan judul post ini? Semoga saja tidak. Hari-hari ini Podcast sedang naik daun. Padahal, Podcast ini sudah ada sejak dahulu.

Sekitar tahun 2008 saya sudah mengenal istilah Podcast, namun menurut saya tidak semenarik Youtube. Yang memang saat itu mulai naik daun.

Menurut pemahaman saya,

Podcast adalah format penyiaran berbasis Audio yang kurang lebih isinya adalah obrolan atau pembahasan suatu topik. Bedanya dengan Radio, di Podcast kita dapat memilih episode mana yang akan kita dengarkan. Konsepnya On Demand.

Untuk mendengarkan Podcast, kita dapat menggunakan Spotify, SoundCloud, Inspigo (Indonesia Nih!), Anchor dan lain-lain.

Sebenarnya tujuan dari post ini, saya ingin share tentang Podcast apa saja yang saya dengarkan. Yang menurut saya bermanfaat banget.

1. Thirty Days of Lunch

Thirty Days of Lunch

Sesuai judulnya, Podcast ini dibuat sambil makan siang. Host dari Podcast ini adalah Fellexandro Ruby (@fellexandro) dan Ario Pratomo (@sheggario). Ini adalah salah satu Podcast favorit saya. Thanks to my friend who tell me about this podcast.

Topik yang dibahas beragam. Mulai tentang Career, Startup, Remote Working, Investasi, Minimalism, Marriage, Ikigai, dan lain-lain. Narasumber yang diundang pun sangat kompeten di bidangnya.

Podcast ini cocok buat kita yang ingin belajar dari narasumber yang diundang. Sayangnya, Podcast ini sudah mencapai episode final. Tapi bukan berarti tidak bisa didengarkan ulang ya.

Salah satu episode Thirty Days of Lunch:

2. Finfolk

Finfolk

Podcast kedua yang sering saya dengar adalah Finfolk. Podcast ini sangat bagus apabila kita ingin belajar tentang Financial dan investasi. Pesan yang disampaikan menurut saya sangat padat walaupun durasi per episodenya tidak sepanjang Thirty Days of Lunch.

Salah satu episode Finfolk:

3. Financial Awakening

Financial Awakening

Podcast dari Founder Jouska ini tidak boleh dilewatkan. Sangat-sangat membuka mindset kita tentang Financial. Walaupun bukan Podcast baru, tapi tetap menarik untuk didengarkan.

Untuk mendengarkan Podcast ini, install Inspigo terlebih dahulu dari Play Store atau App Store ya.

4. Curhat Babu

Curhat Babu atau kepanjangan dari Curhat Bapak dan Ibu. Podcast ini membahas tentang Family dan Parent Talk. Sangat bagus untuk didengarkan bahkan buat yang masih belum married (Apalagi buat yang sudah married).

Host dari Podcast ini adalah Ario Pratomo (@sheggario) dan Nucha Bachri (@nuchabachri).

Berikut salah satu episode Curhat Babu:

Sekian share Podcast yang paling saya sering dengerin, sebenarnya masih ada beberapa. I hope it can open your mindset. See you!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *