Menu

Jadi beberapa waktu lalu adik saya share sebuah postingan instagram, bisa dikatakan comic strip. Isinya bukan seperti comic strip pada umumnya, yang lucu, namun tentang financial. Username instagramnya adalah @thewokesalaryman.

Dari beberapa postingannya, ada satu post yang menarik buat saya yaitu tentang The Marshmallow Test. Jadi Marshmallow Test ini merupakan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Psikolog Austria bernama Walter Mischel sekitar tahun 1960 dan 1970an.

Jadi eksperimen ini melibatkan anak-anak dan sebuah marshmallow. Seorang anak ditaruh didalam sebuah ruangan dengan diberikan satu marshmallow. Anak tersebut bebas untuk memakan marshmallow tersebut akan tetapi apabila anak tersebut lebih bersabar dan menunggu 15 menit maka ia akan mendapatkan satu marshmallow lagi.

Hasil eksperimen tersebut memisahkan anak-anak tersebut menjadi dua golongan. Pertama, anak yang memakan marshmallow pertama dan Golongan Kedua, yaitu anak-anak yang mau menunggu 15 menit untuk mendapatkan dua marshmallow.

Apa hasil dari eksperimen ini?

Anak-anak yang berhasil menunggu untuk tidak memakan marshmallow tumbuh menjadi pribadi yang lebih berhasil dalam ujian mereka, memiliki social skill yang lebih baik, lebih sukses dan lebih gembira.

Marshmallow test ini berdasarkan sebuah teori yang bernama “Delayed Gratification”, yang artinya Menunda Kepuasan. Dimana kita memilih menunda kepuasan sesaat demi mendapatkan sebuah kepuasan yang lebih besar di masa yang akan datang.

Selain itu eksperimen ini juga mengajarkan tentang Self Control atau Pengendalian Diri, dimana saat kita mampu mengendalikan diri kita maka dengan kata lain kita mampu berpikir lebih jauh tentang sesuatu hal. Tidak tergesa-gesa atau gegabah dalam melakukan sesuatu.

Berikut ada sebuah contoh video eksperimen tentang marshmallow test.

Sekian post saya kali ini. 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *