Menu

Beberapa waktu lalu terdapat kebutuhan untuk sharing file secara online. Tidak hanya sharing file saja, karena untuk sharing file bisa menggunakan layanan seperti Dropbox ataupun Google Drive. Namun juga perlu menambahkan proteksi seperti login system saat membuka direktori sharing file tersebut. Selain itu tidak semua user mempunyai akun layanan file tersebut.

Ide awalnya terpikirkan untuk menulis script PHP sederhana yang bisa login, tapi terlalu ribet mesti atur database dan lain-lain. Akhirnya ketemulah cara sederhana dengan menggunakan htaccess dan htpasswd.

Berikut step memberikan proteksi untuk folder pada webserver. Pada tutorial kali ini, saya menggunakan XAMPP di localhost ya. Namun bisa juga diaplikasikan pada web hosting / VPS.

1.  Buat file .htaccess pada direktori folder web, kemudian copykan teks dibawah.

AuthUserFile C:/xampp/htdocs/sharing/.htpasswd
AuthGroupFile /dev/null
AuthName "Private File"
AuthType Basic
require valid-user

Untuk path AuthUserFile sesuaikan dengan direktori web yang akan diproteksi. Karena folder XAMPP saya di drive C maka pathnya saya arahkan ke Drive C:/xampp.

2. Buat file .htpasswd. File ini digunakan untuk menyimpan username dan password. Untuk membuat file .htpasswd dapat dibuat disini: https://www.htaccesstools.com/htpasswd-generator/

Membuat File htpasswd

Masukkan username dan password, jika sudah klik Create .htpasswd file.

Membuat File .htpasswd

Jika sudah, copykan teks yang digenerate ke dalam notepad dan simpan dengan nama .htpasswd.

3. Copykan file tersebut ke dalam direktori web yang akan diprotect. Satu direktori yang sama dengan file .htaccess.

File .htaccess dan .htpasswd

4. Jika sudah, silahkan akses alamat direktori web tersebut dari web browser. Jika tidak ada kendala maka akan terdapat pop up meminta password.

Pop Up Authentication

Sekian tutorial tentang memproteksi direktori web menggunakan .htaccess dan .htpasswd. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *