Menu

Go with the Flow merupakan sebuah idiom dalam bahasa Inggris yang artinya kurang lebih adalah: Hidup mengikuti arus, pasrah dengan keadaan, hidup mengalir saja, Que Sera Sera, dan lain-lain. Hidup memberikan kita banyak pilihan, jadi jangan pernah “Go with the Flow”. Uppss… Tapi pada post kali ini kita tidak akan membahas arti idiom tersebut lebih lanjut.

Setelah 2 post sebelum ini lebih membahas tentang Christianity dan Life Wisdom, maka post ini harusnya membahas tentang technology. Dan yang ingin saya bahas kali ini adalah “Flow” nya Logitech. Ya, Logitech Flow. 😀

Pada post sebelumnya yang berjudul “The Power of Choice“, di point nomor 6, saya menulis kalau saya membeli sebuah Mouse. Nah, Flow ini merupakan salah satu fitur mouse ini. Sebenarnya fitur Flow ini sudah ada sejak tahun 2017 lalu, namun baru bisa mencobanya setelah 2 tahun.

Secara personal, fitur Flow ini merupakan salah satu penemuan yang bagus untuk sebuah fitur Mouse. Untuk fitur-fitur terbaru di dunia mouse sendiri sebenarnya sudah cukup banyak, namun kelihatannya masih banyak pengguna yang tidak tahu. Contoh fitur-fitur yang cukup bagus di dunia mouse antara lain: Gyroscope Air Mouse, Silent Click, RGB Mouse, Adjustable DPI, Qi Wireless Charging, Multi Device, dll.

Sebenarnya Flow itu apa sih?

Secara sederhana, Flow adalah sebuah fitur dimana pengguna dapat mengontrol banyak perangkat (komputer/laptop) hanya menggunakan 1 mouse saja. Bahasa kerennya adalah Cross-Computer Control. Dengan Flow, seolah-olah komputer kita dapat menyambung satu sama lain, seperti saat kita menggunakan dual monitor pada komputer kita.

Fitur Flow ini tidak harus menggunakan Operating System yang sama, jadi apabila komputer kita menggunakan Microsoft Windows sedangkan laptop kita menggunakan MacOS, kita tetap dapat menggunakan fitur Flow ini. Keunggulan lain Flow adalah kita dapat dengan mudah sharing file atau copy paste file antar masing-masing komputer. Istilah kerennya adalah Seamless File Sharing.

Ohya Flow ini tidak hanya mouse saja ya, tapi keyboard juga bisa. Jadi saat kursor kita berpindah dari satu layar komputer ke komputer lainnya, keyboard kita langsung otomatis berpindah juga.

Apa saja yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur Flow ini?

1. Mouse (dan Keyboard) yang mendukung Flow
2. Unifying Receiver
3. Jaringan Wifi yang sama
4. Software Logitech Options

List Mouse dan Keyboard yang mendukung Flow

Mouse: MX Master 2S, MX Ergo, MX Anywhere 2S, M590 Multi-Device Silent, M585 Multi-Device.

Logitech Flow Compatible Mouse

Keyboard: Craft, K780, K380, K375S, MK850 Performance.

Logitech Flow Compatible Keyboard

Penilaian personal (Bukan review mouse dan keybordnya ya, tapi Flow nya saja)

Kelebihan: Sangat Ringkas, cukup 1 keyboard dan mouse saja untuk banyak komputer / laptop (bisa 2 atau 3 perangkat). Sangat cocok buat yang bekerja menggunakan lebih dari 1 komputer / laptop. Meja komputer jadi lebih ringkas karena tidak perlu banyak-banyak keyboard atau mouse.

Kekurangan: Tak ada gading yang tak retak. Saat menggunakan Flow, kecepatan transfer antar file sangat dipengaruhi access point, dan network card komputer atau laptop anda. Selain itu traffic wifi juga mempengaruhi ya.

Sempat beberapa kali tidak bisa berpindah dari satu layar ke layar lainnya. Meskipun bisa menggunakan tombol multi device di mouse / keyboard namun fitur copy paste antar perangkat jadinya tidak dapat digunakan.

Tapi secara overall, fitur Flow ini sangat menyenangkan dan sangat recommended buat yang suka kepraktisan. Sekian post singkat saya kali ini. Semoga bermanfaat and God Bless.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *